Kotak Kenangan - Diary Ayuk Hartini
...

Kotak Kenangan

Saat membuka laci lemari belajar saya (yang jarang sekali saya buka), saya menemukan beberapa benda lama yang saya simpan disana, sebuah kotak berwarna dominan orange, salah satunya. Di dalam kotak ini saya menemukan beberapa kenangan, yang sudah lama saya lupakan, ada kotak kartu nomer perdana ponsel pertama saya, surat ijin tidak masuk sekolah, coretan rumus fisika, hasil ulangan harian bahasa Inggris saya saat SMA, foto, dan beberapa surat. Surat ini saya kumpulkan sejak saya masih SMP hingga awal masa kuliah. Karena dulu ponsel masih belum begitu booming, jadi surat adalah media yang digunakan saat itu. Ada beberapa surat yang membuat saya ingin bunuh diri saat saya membacanya, OH! TIDAK! Semua orang pernah alay! SAYA JUGA! Ada juga surat ucapan selamat atas kenaikan kelas, ulang tahun dan hari valentine. Surat saat bertengkar dan putus dengan mantan pacar saya juga ada, bahkan surat dengan menggunakan sandi AN pramuka juga ada. Berikut potongan isi surat-surat tersebut :

Surat  #1
“Q cayank bgt ma km smp2 Q bikin komitmen yg seharusnya tidak Q lakukan u umur yg masih jauh ini. Tp gx twlah pa nich suatu tanda kedewasaanQ?”
(astaga, ini alay stadium akhir!)

Surat  #2
Di keheningan malam q terbisu sendiri, menatap indahnya sang rembulan. Tuhan.. berilah aku jalan u/ meluluhkan hatinya dengan jalan apapun yang akan kau berikan. Entah bagaimana jika aku tdk mendapatkannya rasanya lebih baik aq dihimpit bumi dan langit.
(yakin, lebih baik dihimpit bumi dan langit? Gepeng, dong?)

Surat #3
XVGN  XBZHAVXNFV  YRJNG  FHENG  HWN  LN? CRNA  OVFN  PHEUNG  XR    NXH TNG  HFNU  ZNYH  CNX  CBFALN  WHTN  HQNU FVNC.
Artinya :
KITA  KOMUNIKASI  LEWAT  SURAT  AJA  YA? PEAN  BISA  CURHAT  KE  AKU, GAK USAH  MALU  PAK POSNYA  JUGA  UDAH  SIAP.
(ini ditulis dengan sandi AN pramuka) (ngomong gitu aja pakai sandi segala) (ribet, ya)

Surat #4 :
  • Dari saya:
Q ga’ prnah sekalipun benci ma qm, jd ga’ ush mkr yg aneh2 deh! Q mank bkn cewe’ qm lg, tp secepat itukah km ngelupain q? hebat bener br pts brp hr udh dpt gnt. Mgkn slma ne q ga' ada artinya bwt qm?
(ini surat saya saat ingin putus dengan mantan pacar saya) (saya pernah jadi alayer sejati) (sebentar, saya bunuh diri minum racun dulu)
  • Balasan surat untuk saya :
Biarlah aku nikmati kesendirianku untuk waktu yang tak tentu, kuharap pean tetap jadi cewek manis seperti dulu, jangan biarkan berakhirnya hubungan kita sebagai awal permusuhan karena aku akan tetap…..
(tetap semangat? Tetap mata saya? Tetap apa?)

Surat #5 :
Adakah sederet kalimat
yang mampu menundukan
gurat cinta dalam sanubariku...!
Sementara raung dan waktu berjalan tanpa batas!
apakah semua itu hanya impian
dan bisa jadi kenyataan!
(banyak! sekali! tanda! serunya! ya!)


Itulah beberapa potongan isi dari beberapa surat yang ada di dalam kotak kenangan saya. Iya, semua orang pernah alay dan akan sadar pada waktunya. Tapi tidak semua surat yang saya kumpulkan itu ditulis dengan huruf alay, itu hanya beberapa surat saja, yang lainnya tidak, kok. Setelah membaca surat-surat dalam kotak kenangan itu, saya merasa malu dan bangga sekaligus. Malu karena dulu saya pernah alay akut, bangga karena saya sudah melewati masa alay saya dan kembali ke jalan yang benar. Bagaimanapun juga, itu adalah proses pendewasaan diri dalam menjadi pribadi yang lebih baik dan menulis yang lebih  baik.





NB : semua potongan isi surat diatas saya ketik sesuai dengan tulisan asli dalam surat tersebut.

#CeritaDariKamar #10

2 Komentar untuk "Kotak Kenangan"

Iklan Bawah Artikel