Senjata Selama Kehamilan - Diary Ayuk Hartini
...

Senjata Selama Kehamilan

Dalam masa kehamilan, tiap-tiap calon ibu pasti memiliki keluhan tersendiri (kecuali bagi yang hamil kebo), karena pembawaan tiap wanita pasti berbeda walaupun sama-sama sedang hamil. Untuk mengatasi keluhan itu, pasti ada ‘senjata’ tertentu untuk mengatasinya, bisa berupa apapun tergantung jenis keluhannya. Bagi saya yang juga mengalami beberapa keluhan selama masa kehamilan, ada ‘senjata’ yang menjadi andalan dalam mengatasinya. Di antaranya adalah…

Senjata untuk mengatasi gatal perut

Senjata Selama Kehamilan
Selama hamil, perut yang semakin membesar mengalami peregangan. Jika kulit perut tidak cukup lembab dan cenderung kering, kemungkinan untuk gatal dan timbul strcthmark pasti semakin besar. Untuk itu senjata saya adalah segala jenis minyak (bukan minyak dapur, lho ya..). Saya awali dari minyak kayu putih, minyak tawon, minyak kapak, minyak telon, minyak zaitun hingga bedak dingin. Karena pakai minyak ini masih gatal saya pindah ke minyak itu, minyak itu masih gatal saya pakai bedak dingin dan seterusnya. Perburuan saya berakhir ke Bio Oil. Harganya memang agak sedikit mahal, tapi sebanding dengan kualitasnya. Gatal-gatal berkurang dan bekas kehitaman mulai memudar, produk ini agak sulit dicari, saya harus beli online karena berkeliling apotek tak ada yang jual. Lembabnya parah banget, dan wanginya segar! Dianjurkan untuk dipakai setidaknya 3 bulan secara rutin, dua kali sehari. Saya pakai selepas mandi sore dan malam menjelang tidur. Nah, di sela-selanya, saya pakai minyak zaitun.


Senjata penunjang kalsium
Senjata Selama Kehamilan

Karena sempat mengalami sakit gigi dan kram kaki yang kata dokter disebabkan karena kalsium tulang dan gigi ibu diambil oleh si bayi untuk pembentukan tulangnya, saya juga punya senjata andalan untuk mengatasinya. Untuk susu, saya jatuh cinta dengan susu SGM Bunda rasa Jeruk dan Stroberi. Rasanya seger dan tidak eneg seperti susu hamil lainnya, kalau anak SGM tunjuk tangan, Bunda SGM perlu tunjuk tangan juga, gak? Hehe.. selain itu, saya juga rutin mengkonsumsi CDR, karena susu saja tak cukup ampuh mengusir sakit gigi dan kram.

Senjata suplemen
Senjata Selama Kehamilan

Saya diberi dua jenis vitamin dari dokter; Folamil Genio dan Elkana. Tapi karena saya tidak terlalu suka menenggak obat, maka saya lebih sering mengkonsumsi suplemen alami, yakni minyak zaitun (yang ekstra virgin karena tak ada campuran apapun dan sangat murni), sari kurma dan madu. Konsumsinya saya campur masing-masing setengah sendok atau satu sendok teh saja dalam susu hamil saya. Percaya, deh. Rasanya jadi lebih nikmat!

Senjata rohani
Peran suami
Senjata Selama Kehamilan

Tak hanya jasmani saja yang harus diperhatikan, tapi rohaninya juga. Apalagi ibu hamil kadang memiliki emosi yang cenderung labil. Sebentar sedih tanpa alasan, sebentar bahagia. Sebentar bete, sebentar bersemangat. Kalau sudah begini, peran suami sangat penting. Saya hampir tak bisa melewatkan hari tanpa dipeluk suami. Kalau tak salah, ada penelitian yang mengatakan bahwa pelukan mampu dengan ampuh mengurangi stress secara drastis, and for me, it really works!

Surat Ar-Rahman dan Luqman

وَوَصَّيْنَاالإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَي وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْلِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ المَصِيْرُ(14)
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (surat Luqman ayat 14)

Bagi muslim seperti saya, pasti sering mendengar saudara maupun teman yang menganjurkan untuk sering membaca dan mendengarkan surat Yusuf dan surat Maryam. Tapi entah mengapa, saya lebih suka pada surat Ar-Rahman dan Luqman. Dua kali sehari setelah sholat subuh dan magrib, atau minimal sehari sekali.

Oke, di atas adalah senjata saya selama kehamilan. Tapi, hamil tak serempong kelihatannya, kok. Tergantung pribadi masing-masing. Karena saya sangat excited, bersyukur dan ingin menjaga kehamilan saya agar tak sepeti kejadian sebelumnya yang gugur, maka kedengarannya saya ini pribadi yang rempong banget, ya? Hihihi…

Bagi yang sedang hamil atau sedang dalam program ingin hamil, tak harus seperti saya. Yang penting atur pola makan dengan makanan sehat, pola tidur yang cukup serta olahraga tapi bukan olahraga berat, cukup jalan-jalan pagi atau setidaknya gerak.
#BabyUpdates


5 Komentar untuk "Senjata Selama Kehamilan"

  1. Maaf bund , boleh saya tau konsumsi CDR nya setiap berapa kali sehari bund ? trus cara konsumsinya bagaimana ? kebetulan saya juga mengalami sakit gigi dan ga kunjung sembuh sudah beberapa hari , padahal sudah di kasih obat dari bidan , mohon bantuannya bun ..

    BalasHapus
  2. Bantu jawab.Minum'y sehari sekali bunda,anjuran'y memang bgtu,kpn pun trserah bunda,mau siang,sore atau malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bun sudah bantu jawab. salam kenal. maaf baru balas, baru aktif ngeblog lagi.

      Hapus
  3. Perut ku ini gatal parahhhhh... Sampek hitam bintik2....
    Udah sedia minyak zaitun tp kagak ngaruhhhh... Tiap malam kagak bisa merem ini mata dan tangan garuk2 mulu. Anak pertama gaa gini2 amat. Anak kedua juga gaa begini. Hamil anak ketiga ini... Masyaaallahhh... Ruar biasah gatelnya sampek payudara ikutan gatel... Sedih hati ini... Hpl tgl 12 april insha allah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya hamil anak pertama perut gatal-gatal bun, hamil anak kedua malah ga gatal bun. maaf baru balas, baru aktif ngeblog lagi.

      Hapus

Iklan Bawah Artikel