Perkembangan Anak Usia 1 Tahun - Diary Ayuk Hartini
...

Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Nindy 1 Tahun!

Walau sudah agak lewat, berikut rangkuman perkembangan Nindy 1 tahun ini;

1 Bulan
Nindy lahir dengan berat 2400 gram, panjang 46 cm. Seminggu kemudian berat langsung naik 5 ons jadi 3000 gram, perjuangan agar ASI keluar tidak mudah. Walau di awal kelahirannya sempat menyicipi susu formula karena ASI belum keluar, tapi Alhamdulillah hingga saat ini Nindy masih ASI tanpa susu formula. Lebih irit. Uhuy! (baca; emak pelit)

2 Bulan.
Sudah bisa tengkurap sendiri walau masih jarang. Masih doyan nangis kalau malam, masih doyan begadang.

3 bulan
Bisa tengkurap dan angkat leher, guling-guling dan muter-muter arah badan. Sekarang kepala di utara, berapa menit kepala sudah di posisi kaki.

4 Bulan
Belajar ongkong-ongkong (apa ya bahasa Indonesianya? Hehe) Posisi tidur kesukaannya adalah di atas tubuh bundanya, tengkurap. Ya.. gimana, mau tidak mau bundanya tak berdaya, kalau belum benar-benar pulas belum bisa dipindah posisi.

5 Bulan
Bisa duduk dan merangkak mundur. Ya.. tiba-tiba aja nabrak tembok, hihi.. Tapi tak patah semangat. Putar haluan, mundur lagi.

6 Bulan
Bisa merangkak. Mulai makan bubur, ASI Ekslusif sudah diselingi makan. Bubur SUN, Cerelac dsb hanya bertahan beberapa hari, selanjutnya berpaling ke bubur sehat ala Bebicare. Andalan banget tiap pagi, sambil diselingi puree buah dan pudding.

7 Bulan
Bediri. Makin ingin tahu tentang semua hal baru. Nindy suka sekali dengan orang baru. Bergaul, bersama teman balita, remaja dewasa, siapa saja. Paling suka sama hewan, ayam, kucing, angsa, kambing, apa saja.

8 Bulan
Berdiri dan merambat-rambat tembok. Makin aktif, makin enerjik. Sudah bisa juga ngacak-ngacak baju, lemari yang nutupnya kurang rapat, jangan salahkan Nindy kalau seketika disulap jadi pulau antah berantah.

9 Bulan
Ngocehnya sudah banyak. Ba-ba-ba, da-da-da, yah-yah, teriak-teriak dan sebangsanya. Nindy tidak terlalu suka nonton tv, lebih suka diputerin lagu anak, video kucing atau main boneka.

10 Bulan
Mulai menolak disuapin bubur, maunya nasi tim yang agak kasar. Bisa tepuk tangan, melambaikan tangan (da-da), nyisir rambut, sampai buang ingus pake tisu sendiri! Walau masih belepotan sih. :p

11 Bulan
Makin banyak tingkah, makin cerdas. Refleks bilang “Cak” kalau ada cicak. Tangan melambai dengan ibu jari dan telunjuk menyatu sambil bergerak seolah memanggil kalau ada ayam, kucing, atau hewan lainnya.

12 Bulan
Belajar berdiri tanpa berpegangan (cul-culan) sejak akhir usia 11 bulan. Mulai makan nasi, dan Alhamdulillah doyan makan apa saja. Keju, oatmeal, susu sapi + madu, dsb. Makanan favorit tetap buah-buahan dan air putih. 

…dan masih banyak lagi.


Alhamdulillah, having a happy and a healthy baby is truly a gift. I’m beyond blessed to have you.

Selamat satu tahun, sayangku.
Tumbuhlah menjadi pribadi yang rendah hati, belajarlah dari sekitarmu.
Jadilah apapun yang kau mau, tanpa takut, tanpa ragu.
Setinggi apapun cita-citamu, ingat… jadikan agama dan ilmu landasanmu berpijak.
Doa-doa baik untukmu,

Peluk kecup,
Bunda yang selalu menyayangimu.




Belum ada Komentar untuk "Perkembangan Anak Usia 1 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel