Warna Madu Berbeda-Beda? Ternyata Ini Alasannya - Diary Ayuk Hartini
...

Warna Madu Berbeda-Beda? Ternyata Ini Alasannya



Warna Madu Berbeda-Beda Ternyata Ini Alasannya




Assalamualaikum. Apakah kamu pecinta madu? Kalau saya tentu sangat cinta dengan madu. Selain karena sudah jelas tertulis dalam Al-Qur’an dan hadist, madu juga merupakan memiliki rasa yang manis dan banyak khasiatnya bagi tubuh. Sudah beberapa waktu ini saya mulai belajar membiasakan mengganti gula dengan madu.

Tapi saat membeli, pernah terpikirkan tidak? Mengapa madu warnanya berbeda-beda. Ada yang putih, ada yang hitam, ada yang kuning pucat, ada yang kuning pekat dan lain sebagainya?

WARNA MADU ASLI

Apa ya warna madu asli? Warna madu yang bagus itu yang mana ya? Di tengah maraknya penjualan madu apalagi dengan pandemic covid-19 yang mengharuskan kita memiliki daya tahan tubuh yang prima, kadang rasa was-was tentu ada saat ingin membeli madu. Apalagi membedakan  warna madu asli vs palsu kadang sulit.

Sebenarnya di dalam surat An-Nahl ayat 69 sudah disebutkan perihal warna madu:

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Menurut pengalaman pribadi saya, madu pabrikan atau ternakan memiliki warna dan rasa yang cenderung cenderung konsisten, biasanya madu yang sering berbeda warna nya adalah madu hutan. Usut punya usut ternyata ada beberapa alasan mengapa warna madu bisa berbeda-beda. Berikut di antaranya

ALASAN MENGAPA WARNA MADU ASLI BERBEDA-BEDA


  1. Jenis Nektar Yang Dihisap Lebah

Jadi ibaratnya begini, 1 pohon yang tumbuh dan berbuah saja kadang menghasilkan buah yang rasanya berbeda-beda, ada yang manis ada yang asam. Apalagi madu, ya? Hasil warna madu hutan asli tentu berbeda-beda tergantung dari nektar bunga yang dihisap oleh sang lebah. Misalnya madu warna hitam umumnya dihasilkan oleh lebah trigona atau yang dikenal dengan madu klanceng/lanceng. Warna madu putih seringnya dihasilkan oleh lebah yang menghisap bunga nektar dari pohon kaliandra.

Beda nektar yang dihisap tak hanya berpengaruh pada warna madu hutan asli, namun juga pada warna madu hutan asli tersebut. Secara garis besar rasa madu asli tergolong menjadi 3 yakni manis, asam dan pahit.

2. Tergantung musim dan lokasi
Hal ini tentu mempengaruhi juga, apalagi Indonesia merupakan Negara tropis dengan kondisi alam, tanah hingga jenis bunga yang tumbuh pun beragam. Selain itu madu yang dihasilkan oleh lebah juga dipengaruhi oleh musim

3. Jangka Waktu Penyimpanan Madu
Pernah perhatiin, gak? Biasanya semakin lama madu disimpan akan membuat warna madu berubah menjadi lebih gelap. Saya sendiri pernah mendapati yang demikian, tak hanya warna nya namun rasanya juga akan semakin lama semakin enak.

4. Usia sarang madu
Nah, kebetulan sekarang saya jualan madu hutan jadi sedikit banyak setelah saya amati usia sarang lebah juga mempengaruhi (cmiiw). Misal, madu yang usia sarangnya masih muda cenderung memiliki warna yang lebih terang dan cenderung pucat dan sarang madu yang berusia lebih lama cenderung menghasilkan warna madu asli yang lebih gelap.

WARNA MADU YANG BAIK


Jadi apa dong warna madu yang asli? Warna madu yang baik itu yang bagaimana? Kesimpulannya, banyak faktor yang mempengaruhi warna madu dan merupakan suatu hal yang lazim mendapati warna madu yang berbeda-beda. Lagi-lagi hal ini disebabkan salah satunya karena faktor nektar yang dihisap oleh lebah bervariasi.


BELI MADU ASLI DIMANA


Apapun jenis madu nya, insyaAllah sehat asalkan madu itu murni tanpa campuran apapun. Karena madu mengandung  banyak anti-oksidan seperti vitamin C, pinocembrin, chrysin, pinobaksin, kaltalase dan banyak kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Dimana beli madu asli online yang aman?

Secara kasat mata akan sulit membedakan madu asli atau palsu. Untuk mengetesnya bisa dengan dibawa ke laboratorium untuk dicek kandungan nya terlebih dahulu apakah madu tersebut asli atau palsu.

jual madu hutan asli




Lalu, bagaimana cara beli madu asli original? Pastikan madu tersebut jelas sanad nya. Karena saya pribadi pernah mengalami masa dimana ingin sehat yakni mengganti gula pasir dengan mengkonsumsi madu namun diikuti rasa khawatir apakah madu tersebut madu asli, madu murni dan madu original maka saya sangat paham bagaimana diliputi rasa was-was.

Bismillah untuk itu saya jual madu liar asli 100% liar yang diambil dari hutan di lereng rinjani. Kebetulan saya pernah tinggal di sana setelah lulus kuliah sebelum nikah dulu sehingga saya tau betul kondisi alam di sana hingga para pemburu madu nya. Jadi madu ini saya jamin asli 100% insyaAllah amanah.

Beli madu asli online bisa melalui 
whatsapp 0896-5369-7456 / 0813-3194-1313


Ready: Madu hitam, madu kuning dan madu putih.


Salam sehat,

Ayuk hartini J




Belum ada Komentar untuk "Warna Madu Berbeda-Beda? Ternyata Ini Alasannya"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel