MPASI Anak Usia 6 Bulan Ke Atas - Diary Ayuk Hartini
...

MPASI Anak Usia 6 Bulan Ke Atas

MPASI Nindy


Nindy seminggu lagi sudah usia 7 bulan, berarti sudah sekitar 3 minggu sejak MPASI pertamanya. Agak telat sih sebenarnya tulisan ini. Hehe. Tapi tak apa, kebetulan sedang mood dan kepikiran untuk sharing tentang MPASI Nindy.

Frankly, saya adalah tipe ibu-ibu yang santai tentang menu MPASI, bukan tipe yang harus menjadwal hari ini menu MPASI apa, hingga sepekan ke depan atau bahkan sebulan ke depan, dan harus konsultasi ke ahli gizi atau dokter anak untuk menu MPASI. Tapi bukan berarti saya tak memperhatikan kandungan gizi dari tiap menu yang dikonsumsi Nindy, ya.  Okay, lanjut…

Homemade atau instan?
Meski saya merujuk ke WHO (lihat di sini), tapi masih belum berani juga sih menerapkannya di awal MPASI Nindy. Seperti puree buah, baru saya terapkan setelah beberapa hari MPASI, sebelumnya pakai bubur instan seperti SUN dan Cerelac. Tapi, yaa, hanya berlangsung sebentar. Nindy tidak terlalu doyan dengan yang instan.

Lalu berlanjutlah ke homemade, puree buah plus bubur tim dengan daging dan sayuran. Untuk puree buah, tidak ada jadwal khusus menu tiap harinya, tergantung buah apa yang sedang ada di kulkas. Nah, kalau bubur timnya, beruntunglah karena ada bebicare. Ini bukan iklan berbayar, sungguh. Tapi karena merasa sangat tertolong dengan adanya bebicare yang menyediakan menu bubur tim dengan kandungan gizi yang bagus, saya merekomendasikan bagi siapa saja yang bingung mau menu apa untuk MPASI.

Kandungan gizinya sudah tersertifikasi di Universitas Airlangga, dengan mutu dan kemananan pangan yang juga tersertifikasi di Universitas Brawijaya. Jadi, tak perlu ragu untuk memberikannya pada Nindy. Apalagi bahannya organik dengan menu yang berbeda tiap harinya. Tak perlu khawatir Nindy bosan. Untuk menu selengkapnya bisa dilihat di sini.

Jadwal makan Nindy
Hingga saat ini, Nindy makan besar bubur tim 2x sehari pagi dan sore, siangnya atau di sela-selanya, puree buah atau pudding dan ASI. Biasanya, sehari Nindy habis 1 cup bubur tim, 1 cup kecil pudding, 1 mangkok kecil puree buah dan beberapa sendok air. Alhamdulillah, tidak ada alergi makanan. Sampai sekarang, tak ada pantangan makanan kecuali gula dan garam.

Makannya Nindy Susah Nggak?
Alhamdulillah, untuk makan Nindy tak rewel. Pernah tutup mulut atau makannanya disembur pas Nindy kena flu, pilek dan batuk, tapi hanya berlangsung beberapa hari. Mungkin karena tidak enak badan jadi tidak doyan makan. Selepas itu, hajaaar! Disuapin langsung lahap. Oh iya, saya pakai metode disuapin. Belum pakai Baby Led Weaning. Karena, masih 6 bulan, belum waktunya aja, sih, menurut saya. Pernah kasih camilan biscuit ke Nindy, malah di remas-remas, 10% kemakan, sisanya remuk dan dibuat mainan. Ya udah, disuapin aja, dan tak pernah lagi kasih biscuit. Memang belum waktunya finger food juga. Hehe.  


Berat badan Nindy standart. Tidak kurang dan tidak lebih, Nindy juga sangat lincah, masih 6 bulan tapi sudah bisa merangkak. Alhamdulillah, sehat terus,ya, nak.



Belum ada Komentar untuk "MPASI Anak Usia 6 Bulan Ke Atas"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel