Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi - Diary Ayuk Hartini
...

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi

Belakangan ini, negara Korea terkenal tak hanya di ranah dunia hiburan seperti K-Pop dan K-Drama saja, namun juga dengan K-Beauty nya. Jika diperhatikan, wajah-wajah orang Korea terlihat sehat, cerah, mulus dan glowing. Bening-bening dan licin-licin banget, deh. Kalau lihat artis-artis Korea, seolah jika ada lalat mendarat di pipi bakalan kepleset, karena saking licinnya.


Karena merasa semakin ke sini kulit saya terasa semakin kering dan kusam, saya pun yang dulunya tak menghiraukan perawatan wajah mulai tertarik dengan perawatan 10 Step Skincare ala Korea. Saya sempat bergumam, yakin? Apa tidak terlalu ribet dengan step berlapis-lapis dan sebanyak itu?

Niat, sih, sudah bulat. Bukan untuk terlihat lebih cantik secantik artis Korea, namun lebih untuk merawat wajah yang sudah lama terdzolimi dengan sikap tak peduli dan malas saya, juga untuk membuat suami makin saying, tentunya, x). Sehingga saya bertekad untuk mewujudkan goal saya; Kulit wajah lebih sehat, cerah, lembab dan glowing.


Kenapa memilih 10 Step Skincare ala Korea? Saya lebih tertarik untuk memiliki kulit yang sehat, yang tak sekedar terlihat cantik/cerah saja, sayapun saat itu sedang hamil anak kedua sehingga tidak berani sembarangan pakai krim dokter atau krim racik dan membuat saya memutuskan untuk merawatnya secara alami dengan 10 Step Skincare ala Korea meski hasilnya terlihat perlahan dan tidak instan.


Sebagai newbie, tentunya saya butuh banyak pertimbangan dan penelusuran berbagai informasi dari situs kecantikan hingga review produk beauty vlogger, sebab selama ini skincare yang saya tau dan saya gunakan hanya facial wash dan moisturizer saja. Dan ternyata perawatan ala Korea yang paling dasar yang tidak boleh ditinggalkan sesibuk apapun dan semalas apapun itu adalah: cleansing, toning, moisturizing.


Namun bagi saya yang acuh dengan kesehatan wajah sendiri, bahkan perawatan dasar itu sering saya lewatkan dan membuat saya sadar betapa buluknya wajah saya. Hiks. Kering, kusam dan meski sudah pakai make up, tak ada perubahan apa-apa, alias ya gitu-gitu aja final looknya.

Akhirnya sejak hamil anak kedua trimester akhir sekitar bulan November-Desember 2018 silam saya mulai keracunan produk Korea dan belanja skincare Korea demi pembenahan di wajah saya setidaknya agar tak terlihat buluk-buluk amat, lah, ya.


Apa saja 10 Step Skincare Korea itu? Secara garis besar, 10 step Skincare Korea yakni:

1.       Cleanser/Make up Remover
2.       Facial wash
3.       Exfoliate
4.       Toner
5.       Essence
6.       Serum
7.       Sheet mask
8.       Eye Cream
9.       Moisturizer
10.   Sun Protection Filter/Night Cream

Karena kulit saya cenderung kering dan kusam, maka produk yang saya buru tak jauh-jauh dari produk yang mencerahkan dan melembabkan. Apa saja? Ini dia:

1. Cleanser: Garnier Micellar Water

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi

Jadi saya baru sadar kalau ternyata membersihkan wajah dengan cleanser itu penting karena kadang membersihkan wajah dengan langsung cuci muka tak bisa mengangkat semua kotoran di wajah. Saya bahkan sempat beranggapan kalau membersihkan wajah dengan cleanser itu tidak penting dan tidak ngefek, toh, cuci muka pakai sabun akan lebih manjur.


Ternyata saya keliru, cleanser itu perlu meski kadang tidak menggunakan make up dan tidak kemana-mana, saya tetap membersihkan wajah dengan cleanser. Sebab yang menempel di wajah tidak hanya make up namun juga debu, kotoran, kuman juga secara tidak sadar pasti nempel di wajah.

Cleanser yang saya gunakan adalah Garnier Micellar Water. Bukan produk Korea, sih. Tapi saya beli karena murah meriah dan mudah didapatkan dimana-mana. Teksturnya cair seperti air dengan aroma yang segar, setelah dipakai wajah rasanya lembut, bersih dan lebih lembab.

2. Facial Wash: Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera Foam

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi
maaf, produknya sudah habis dan dibuang jadi pakai foto seadanya x)

Sebenarnya lebih dulu jatuh cinta dengan produk Nature Republic 92% Aloe Vera Soothing Gel nya, lalu saya mulai mencari info produk lain dari Nature Republic dan akhirnya menemukan si sabun cuci mukanya ini.

Foam nya lembuuut banget. Setelah pakai ini wajah rasanya lebih halus dan segar. Tapi ya sudah, itu saja, tidak ada efek mencerahkannya. Mungkin karena tujuan utama produk-produk Natrep lebih fokus pada melembabkan, ya?


3. Exfoliate: Scrub, Peel of Mask & Clay Mask

Exfoliate atau eksfoliasi sendiri bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang tidak bisa terangkat dengan double cleansing (cleanser & facial wash). Step ini penting dan berefek banget untuk mengatasi wajah kusam seperti yang saya alami.

Tidak perlu setiap hari untuk eksfoliasi, cukup 2-3x saja dalam satu minggu karena over exfoliate juga tidak baik bagi kulit. Untuk tahapan eskfoliasi ini saya menggunakan scrub, peel off mask dan clay mask, secara bergantian tergantung mood dan kebutuhan.

  •      Scrub: St.Ives Fresh Skin Apricot Scrub
Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi
st ives dan produk lain yang terlanjur digunting sebelum sempat difoto pas masih ada isinya :D
Fresh impression: scrub ini wanginya enak banget, seger. Tapi untuk pengaplikasiannya harus pelan-pelan karena butiran scrub nya lumayan besar. Setelah pakai ini, wajah rasanya mulus, glowing dan kenyal. Mau pakai make up apapun setelah pakai scrub ini jadi lebih nempel ke muka.

  • Peel off mask: Freeman Mask Clearing Sweet Tea and Lemon
Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi

Klaimnya bisa mengangkat whitehead dan blackhead, teksturnya lengket dengan warna orange sesuai dengan warna kemasannya. Pengaplikasian cukup dioles dan dibiarkan mengering lalu dikelupas, masker ini tidak terlalu sakit saat dikelupas.

  • Clay Mask: Innisfree Super Volcanic  Pore Clay Mask 2x



Saya sebenarnya agak heran dengan kulit wajah saya sendiri. Cenderung kering di pipi namun agak berminyak dan daerah T-zone, tapi blackhead dan pori-pori di sisi kiri-kanan dekat area hidung juga kelihatan padahal katanya masalah pori-pori besar biasanya dialami oleh tipe kulit berminyak. Tapi bukan pori-pori yang sebesar itu juga, sih. Hanya saja kalau dilihat dengan seksama akan terlihat.

Lalu saya coba pakai masker Innisfree ini, teksturnya lembut banget tipikal clay mask pada umumnya. Ada sensasi dingin setelah beberapa saat pengaplikasian di wajah, setelah cuci muka, wajah terasa dingin seperti habis cuci muka dengan air es. Efeknya wow, kulit-kulit mati terangkat dan wajah cerah, halus, kinclong, pori-pori lumayan mengecil.


4. Toner: Laneige Fresh Calming Toner

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi

Fungsi toner sendiri lebih ke mengembalikan tingkat keasaman wajah setelah 3 step sebelumnya. Caranya tuang sedikit di kapas dan diusap ke wajah. Berfungsi juga untuk mengangkat kotoran yang masih menempel di wajah dan membuat wajah lebih siap untuk menerima rangkaian skincare selanjutnya.

Saya menggunakan Laneige Fresh Calming Toner, wanginya juara! Menenangkan dan segar (sesuai namanya). Saya menggunakan yang kemasan kecil 50 ml, ya, sebab versi full size cukup lumayan harganya. Hehe.


5. Essence: Benton Snail Bee High Content Essence


Jujur saya kadang belum bisa membedakan fungsi utama essence dan serum, setau saya, essence memiliki bahan aktif yang tinggi namun tidak setinggi serum.

Karena saya fokusnya untuk melembabkan dan mencerahkan, untuk essence saya pilih yang melembabkan sedangkan serum yang mencerahkan. Saya menggunakan Benton Snail Bee High Content Essence. Teksturnya seperti gel, bening, dengan kemasan pump dan setelah diaplikasikan wajah seketika lembab dan nyes… adem.

Menurut saya, selain melembabkan, efeknya juga untuk memperbaiki tekstur. Bekas jerawat atau jerawat yang mau muncul, jika malam hari saya pakai si Benton Essence ini, paginya jerawat lenyap, tidak jadi tumbuh. Seajaib itu!


6.Serum: Laneige Clear C Peeling Serum

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi

Awalnya tertarik ke Laneige karena brand ambassadornya Song Hye Kyo dan Lee Sung Kyung. Ya, meski hasilnya tidak bisa sebening mereka minimal wajah saya terlihat sehat dan cerah.

Tekturnya agak kental namun cepat meresap. Wanginya segar ala-ala buah berry dan setelah pemakaian rutin wajah rasanya fresh, cerah, dan glowing. Meski terbilang mahal, tapi kemasannya lumayan besar dan bisa awet, saya menggunakan produk ini hingga habis setelah sekitar 10-11 bulan pemakaian.


7.Sheet Mask: Nature Republic Sheet Mask Avocado dll


Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi



Entah mengapa saya tergila-gila dengan sheetmask. Bahkan stok sheetmask saya hampir 1 laci penuh! Banyak merk yang saya gunakan namun menurut saya tujuan utama sheetmask adalah melembabkan.


8. Eye Cream: Ms Glow Eye Dark Circle Cream



Mata panda memang masalah saya dari dulu. Saya pakai krim mata dari Ms Glow (bukan produk Korea) namun sampai sekarang sepertinya tidak berefek apa-apa. Mungkin karena saya kadang suka skip step ini atau karena formulanya tidak cukup ampuh untuk mata panda saya yang parah ini.


9. Mosturizer: Nature Republic 92% Aloe Vera Soothing Gel


Saya pakai moisturizer ini karena memang lagi hits dan efeknya juga sebagus itu. Melembabkan dan segar di kulit. Sangat recommended untuk kulit kering.


10. SPF & Sleeping Mask

  • SPF: Skinaqua

Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi


Step ini saya gunakan hanya ketika keluar rumah saja karena memang fungsi utamanya adalah untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Saya pakai Skinqua, untuk teksturnya cair dengan warna putih dan cepat meresap setelah diaplikasikan.

  • Sleeping Mask: Laneige Sleeping Mask




Untuk step 10 di malam hari saya pakai Laneige Water Sleeping Mask kemasan mini. Fungsinya untuk mengunci semua tahapan skincare yang sudah dilakukan dan membuat wajah terhidrasi semalaman sehingga saat bangun pagi hari kulit terasa lebih segar dan glowing.

_

Baiklah, demikian rangkaian urutan 10 Step Korean Skincare yang saya lakukan dalam masa hampir satu tahun belakangan ini. Apakah sepadan dengan keribetan dan pengeluaran yang harus dianggarkan? Semua tergantung kebutuhan, ya. Menurut saya, untuk cantik tidak harus mahal, namun yang harus adalah rajin dan kosisten.

Semahal apapun produk yang dibeli jika tidak rajin, tidak rutin digunakan maka hasilnya tidak akan maksimal. Juga untuk newbie, jangan berharap hasil yang instan. Karena skincare Korea menggunakan bahan alami yang ringan sehingga harus sabar dan konsisten. Efeknya baru bisa dirasakan setelah berbulan-bulan pemakaian.

Untuk melihat perkembangannya, berikut foto saya saat sebelum memakai 10 step skincare vs foto kondisi wajah saya sekarang. Semoga bermanfaat!


Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering dan Kombinasi
before kenal korean skincare

after: setelah rutin menggunakan korean skincare



Belum ada Komentar untuk "Urutan 10 Step Skincare Korea Untuk Kulit Kusam Kering & Kombinasi"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel