Rainbow Pancake - Diary Ayuk Hartini
...

Rainbow Pancake


Karena hidup penuh warna, maka tak ada salahnya juga menghadirkan indahnya warna-warna tersebut dalam makanan. Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba café baru di kota dimana saya tinggal, saya dibuat kecewa. Sudah harganya mahal, pancakenya suma satu lapis, tipis dengan toping seadanya. Rasanya sangat standart pula. Sayapun kemudian pulang dengan kecewa dan tak ingin lagi ke café ataupun tempat makan dengan menu yang saya bisa membuatnya lebih baik, cantik dan enak dari yang dijual di sana. Akhirnya saya terpikir untuk membuat rainbow pancake which was a thousand times better dari pancake yang dijual di café. Resepnya sbb:

Bahan:
Tepung             1 cangkir
Gula                 2-3 sendok makan
Susu cair          ¾ gelas
Baking powder ½ sendok teh
Telur                1 butir
Mentega cair    1 sendok makan
Vanilla essence  ½ sendok teh
Pewarna makanan 5-6 warna sesuai selera, masing-masing 1 tetes saja

Cara Membuat:
  • Kocok telur hingga tercampur kuning dan putihnya, tambahkan gula, aduk hingga rata.
  • Di tempat yang berbeda, masukkan tepung dan baking powder, aduk hingga tercampur.
  • Masukkan adonan kering (tepung dan baking powder) ke dalam adonan basah (telur dan gula), campur hingga rata lalu masukkan susu, mentega cair dan vanilla essence, campur lagi hingga rata dan tak ada gumpalan
  • Bagi adonan menjadi 5-6 ke dalam wadah berbeda dengan porsi sama, lalu beri pewarna makanan masing-masing satu tetes saja, aduk hingga warna tercampur semua
  • Siapkan Teflon anti lengket dan beri sedikit mentega biarkan hingga leleh dan tuangkan satu centong adonan ke dalamnya. Jika permukaan sudah terlihat ada buih, berarti pancake siap dibalik.
  • Angkat pancake yang sudah matang, dan ulangi proses hingga semua adonan habis.
  • Tata dalam piring saji dengan warna yang berselang-seling layaknya pelangi agar terlihat cantik
  • Hias dengan topping sesuai selera (saya pakai madu dan blueberries)

This is it! Rainbow pancake yang cantik dan enak siap disantap. Memang, apapun yang dibuat sendiri rasanya lebih enak, karena tahu prosesnya, bahannya, higienisnya, juga lebih hemat. Selamat mencoba!


Belum ada Komentar untuk "Rainbow Pancake"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel