Agenda Pramuka - Diary Ayuk Hartini
...

Agenda Pramuka

Pramuka! Pramuka! Praja Muda Karana!

Siapa yang tak familiar dengan slogan pramuka tersebut, saya sejak belum sekolah dulu sudah diajari tepuk pramuka oleh bapak saya. Saat melihat agenda pramuka saya, bahkan sebelum membukanya, agenda tersebut sudah mampu membawa saya pada dunia pramuka yang pernah saya geluti. Dulu saya aktif dalam pramuka sejak SIAGA, PENGGALANG, PENEGAK dan PANDEGA.

Saat menjadi pramuka Penggalang, saya ikut aktif latihan rutin pramuka setiap minggu. Waktu itu saya mempunyai grup bernama Grup Melati, dan saya adalah Pimpinan Regu (PinRu) nya. Banyak pengalaman saat saya aktif di Penggalang. Saat apel, saya berada di baris paling depan regu saya, posisi tangan kanan memengang tongkat pramuka dengan jari meyerupai memegang pensil. Saat PERSAMI (Perkemahan Sabtu Minggu), tenda regu saya dekat dengan batas tenda regu putra, hasil masakan kami banyak yang dicuri mereka saat kami sedang tidak berada di tenda. Sungguh jahil sekali mereka.

Agenda Pramuka saya berisi catatan tentang kepramukaan sejak di Penggalang hingga Pandega. Salah satu isi agenda saya adalah sandi morse dan sampai saat ini saya masih hafal betul bagaimana menulis dengan menggunakan sandi tersebut.

Contoh : AYUK è .- / - . - - / . . - / - . -//

Selain sandi, ada juga catatan tentang Dasa Dharma Pramuka. Ada cara cepat dalam menghapal kesepuluh Dharma tersebut, dengan menyingkat suku kata pertama dari tiap Dharma dan menggabungnya dalam satu kata menjadi : TA-CI-PA-PA-RE-RA-HE-DI-BE-SU

Isi Dasa Dharma :
  1. TA - TAat kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. CI - CInta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. PA - PAtriot yang sopan dan kesatria
  4. PA - PAtuh dan suka bermusyawarah
  5. RE - REla menolong dan tabah
  6. RA - RAjin, terampil dan gembira
  7. HE - HEmat, cermat dan bersahaja
  8. DI - DIsiplin, berani dan setia
  9. BE - BErtanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. SU - SUci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan
Kesepuluh Dharma ini masih saya hafal sampai sekarang. Menerapkan semuanya dalam diri saya? Saya masih merasa belum sesempurna itu. Tapi saya yakin, bagi siapa saja yang menerapkan kesepuluh Dharma ini, maka ia akan menjadi pribadi yang lebih baik. :) 





SELAMAT HARI PRAMUKA, 14-AGUSTUS-2013 !!   

#CeritaDariKamar #9

Belum ada Komentar untuk "Agenda Pramuka"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel