Obat Nyamuk Bakar - Diary Ayuk Hartini
...

Obat Nyamuk Bakar

Banyak nyamuk di rumahku, gara-gara aku malas bersih-bersih…

Ada yang masih ingat lagu Enno Lerian – Nyamuk Nakal? Anak zaman 90-an pasti tau. Saya dulu suka sekali dengan lagu ini, tiap mau tidur dan ada nyamuk yang mengiang, saya nyanyi lagu ini. Walaupun, well, tidak ada efeknya, sih. Nyamuk tetap nakal dan suka menggoda saya. Kemudian bapak atau ibu saya pasti membakar ujung obat nyamuk bakar agar saya bisa tertidur tanpa gangguan nyamuk.

Ada berbagai cara yang dilakukan keluarga saya untuk mengusir nyamuk. Dengan menyemprotkan obat nyamuk, membakar obat nyamuk bakar, memasang kelambu di tempat tidur atau memakai lotion anti nyamuk sebelum tidur. Dulu saat saya masih kecil ranjang saya juga masih kecil, ibu saya memasang kelambu untuk mengusir nyamuk, tapi kemudian saya rasa kepanasan, rasanya seperti disekap di dalam oven, kemudian digantilah dengan obat nyamuk bakar.

Saat saya masih tinggal di kos, saya lebih sering memakai lotion anti nyamuk. Lotion anti nyamuk memang ampuh, tapi resikonya, kulit saya jadi kering, mungkin karena lotion anti nyamuknya tidak selembut hand and body lotion. Lalu saya berganti ke anti nyamuk elektrik, dan it was a lot more better daripada obat nyamuk bakar ataupun lotion anti nyamuk sampai akhirnya suatu hari anti nyamuk elektrik saya rusak. OH, NO! Apalagi saat itu saya sudah tidak punya persediaan obat nyamuk bakar atau lotion sama sekali sehingga saya harus melewati malam dengan bersembunyi dibalik selimut. Benar-benar ya, sudah panas, juga harus tahan nafas.

Sekarang saya tidak lagi menggunakan anti nyamuk elektrik, karena memang sudah rusak dan saya belum membeli yang baru. Saya mengandalkan kipas angin, selain untuk mendinginkan suhu panas di kamar, juga untuk mengusir nyamuk. Tapi kipas anginpun tidak ada gunanya jika listrik mati. Ah, iya! Saya akhirnya harus beralih lagi ke obat nyamuk bakar. Memang, tidak ada yang bisa mengalahkan hebatnya obat nyamuk bakar. Bisa dipakai kapan saja tanpa perlu listrik, tidak membuat kulit kering seperti lotion. Ya, walaupun kadang asapnya mengganggu.

Dulu saya sempat membenci nyamuk, untuk apa makhluk mengganggu seperti itu diciptakan, Ya Tuhan? Tapi Tuhan tidak menciptakan sesuatu tanpa alasan. Kata guru agama saya, selain untuk lahan pekerjaan bagi orang-orang yang bekerja di pabrik anti nyamuk, menu makan cicak di dinding, keberadaan nyamuk juga berguna agar kita lebih memperhatikan kebersihan rumah dan kamar. Karena rumah dan kamar yang kotor adalah sarang nyamuk dan sarang penyakit, jadi harus rutin dibersihkan. “Kebersihan adalah sebagian dari iman” masuk akal juga, kan?



#CeritaDariKamar #27

Belum ada Komentar untuk "Obat Nyamuk Bakar"

Posting Komentar

Iklan Bawah Artikel